Yuk Baca Tips ini dulu, Agar Terhidar dari Jet Lag


PERJALANAN panjang menggunakan pesawat, kerap mengakibatkan jet lag atau reaksi fisik terhadap perubahan tiba-tiba dalam perbedaan waktu dan tempat. Ini tak hanya berdampak bagi para penumpang tapi termasuk pramugari dan pilot pesawat.

Berikut tips untuk menghindari jet lag seperti yang dikutip dari independenttraveler.com :

Sebelum pergi

1. Perlakukanlah tubuh Anda secara bijak sebelum melakukan penerbangan. Misalnya dengan cukup tidur, menghindari dehidrasi, serta menjaga ketenangan pikiran.

2. Beberapa pelancong biasanya melakukan olahraga sebelum menuju bandara. Ini bisa membantu tidur lebih baik di pesawat.

3. Hindari eskalator saat di bandara. Gunakanlah tangga jika hendak menuju area check-in penerbangan. Ini juga bisa terhitung sebagai olahraga.

4. Sesuaikan diri Anda dengan tempat tujuan. Gunakan dua jam tangan, yang pertama sesuai dengan waktu tempat asal Anda dan satu lagi sesuai dengan tempat tujuan. Ini dapat membantu persiapan terhadap perubahan waktu yang akan anda temui.

Selama perjalanan

1. Perbanyaklah mengonsumsi minuman yang tidak mengandung alkohol dan kafein. Mintalah air mineral tambahan kepada pramugari agar Anda tidak mengalami dehidrasi.

2. Dalam jangka waktu tertentu, bangunlah dari tempat duduk untuk melakukan peregangan anggota tubuh dan berjalan untuk menjaga tekanan darah.

Persediaan obat

1. Sediakan pil melatonin untuk membantu pengaturan jam tidur Anda. Sebuah studi mengatakan penggunaan melatonin yang salah, justru dapat membuat Anda menjadi lebih lelah. Jadi pastikan baca semua instruksi yang tercantum dalam kemasan dan konsultasilah sebelum penggunaan.

2. Jika melantonin tak berhasil, coba terapi alternatif menggunakan pencahayaan sinar matahari. Habiskan waktu sekitar 15-20 menit untuk bersinggungan langsung dengan cahaya matahari tanpa kacamata hitam sesaat setelah pendaratan.

Pengaturan pola makan

1. Ini disebut "jet lag diet" sebuah alternatif dengan menjaga makanan Anda selama tiga hari sebelum melakukan penerbangan panjang dengan mengonsumsi makanan yang mudah dicerna. Misalnya makanan berserat, namun dengan kandungan serat yang tak terlalu tinggi.

2. Jika Anda ingin tetap terbangun sesuai dengan waktu tempat tujuan, minuman berkafein sangatlah tepat. Jangan mengonsumsi terlalu banyak karena bisa membuat Anda terjaga. Pastikan kesemua makanan dan minuman dikonsumsi dengan sewajarnya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...